Sabtu, 23 Maret 2013

Naskah Drama, dikala hantu jatuh cinta

Tokoh / Pemain

Awallina Ilmia Khanza              sebagai                 Narator
Dessy Yuliawati                      sebagai                 Dessy
Dwi Adha Hidayana           sebagai                 Mbah Dwi Jambrong
Indri Maulana                         sebagai                 Indri ‘si cupu’
Lilis Maryanti                         sebagai                 Lilis
M. Faridz Anwarudin         sebagai                 Bapak (Faridz)
M. Nizam Fauzi               sebagai                 Nizam
Nur M. Aziz                  sebagai                 Roh (Aziz)
Siska Rizki Ananda                 sebagai                 Siska
Witsqa Fadhilah Adnan           sebagai                 Ibu (Witsqa)


 DIKALA HANTU JATUH CINTA

Bel berbunyi, tanda istirahat. Seperti biasanya Aziz, seorang roh yang tidak diketahui asal usulnya rutin menengok SMPN 1 Baleendah, tepatnya kelas 9.3. ada seorang murid yang caludih (cantik, lucu, deh ih!).
Aziz       : “Wah! Semakin hari semakin cantik aja tu cewe!
                 Ah pesonanya! Sungguh..!”
Perempuan yang dimaksud oleh roh tadi adalah Lilis salah satu perempuan dari 3 sekawan. 3 sekawan itu terdiri dari Desi, Lilis, dan Siska. Mereka sudah menjalin persahabatan sangat lama, yakni ± 6 tahun, 7 bulan, 8 minggu, 9 hari, 10 jam, 11 menit, 12 menit dari sekarang.
Dessy     : “Pulang nyok!”
Siska      : “Ntar dulu dong! Gak liat aku lagi ngapain!”
Lilis        : “Ayo, jangan ngaca melulu, ntar tu kaca pecah, lagi!”
Dessy     : “Iya, kalo aku jadi kaca, pasti aku bakal bosen! Soalnya yang diliat tuh wajah kamu terus.”
Dessy &  : “Hahahaha...!”
Lilis
Siska      : “Ih! Yaudah ayo pulang.”
Mereka pun pulang bersama-sama. Aziz yang hanya seorang roh biasa, merasa tak kuasa lagi untuk berlama-lama hanya mengintip saja dari kejauhan. Hasratnya untuk bisa berbicara langsung sangat bergejolak, hingga membawanya ke orang pintar. Orang ini sangat pintar, pintarnya gak ketulungan. Saking pintarnya, orang pintar ini membentuk POPS (Perkumpulan Orang Pintar Sedunia). Orang pintar ini bernama “Mbah Dwi Jambrong”.
Dwi         : “Hehehe..! Roh muda ada apa kau kemari?”
Aziz       : “Kakek tua saya ingin ...”
Dwi         : “Kakek! Kakek! Emangnya gua kakek lu?
                 Pake embel-embel tua lagi!”
Aziz       : “Maaf, om! Eh.. Apalah terserah!
                 Begini, saya adalah seorang roh yang sedang jatuh cinta pada sesosok manusia! Bagaimanakah cara agar saya dapat memberikan cinta yang tulus ini kepada orang yang dimaksud.”
Dwi         : “Oh, begitu ya? Penyelesaianya mudah sekali, dengan ‘magic’ saya akan merubah kamu menjadi manusia.”
Aziz       : “Manusia?”
Dwi         : “Iya, manusia! Supaya kamu bisa mendekatinya.
                 Ada pantrangannya nih!
                 Kamu gak boleh bilang sumpah, sumpah apapun!”
Aziz       : “Oh, baiklah!”
Dwi         : “Ayo kemari!
                 Jampe-jampe harupat geura gede geura lumpat.
                 Fuuhh!”
Nizam     : “Akhirnya aku bisa terbebas juga dari kain yang bau apek ini.”
Dwi         : “Hah? Sungguh tampannya dirimu!
       Kusesali mengapa tak semenjak kuubah diriku agar setampan Dude Herlino, atau sekeren Eza Gionino.”
Nizam     : “Sebegitunyakah? Benarkah ini diriku?
                 Sampai-sampai aku pangling dengan wajah baru ini.
                 Tapi, keren lah! Lumayan! Untung hasilnya gak kaya mbah ini.
                 Hehe..”
Dwi         : “Dasar anak muda! Ngomong-ngomong mana... (isyarat meminta uang). Uang, uang!”
Nizam     : “Oya, hampir saja lupa!
                 Mohon diterima, ya, apa adanya, mbah!
                 Ini mbah uangnya!
                 Makasih mbah buat semuanya. Hehe..”
Tanpa diketahui bagaimana cara dan prosesnya, Aziz memutuskan untuk mengubah namanya menjadi Nizam, dan bersekolah di SMPN 1 Baleendah.
Nizam     : “Akhirnya aku bisa bersekolah disini, aku tetap harus menjalankan misi utamaku yaitu yaitu mendekati wanita perempuan itu.”
Nizam berbicara sendiri sambil berjalan. Namun, tak disangka-sangka, ada seorang gadis yang menghadangnya.
Indri       : “Heh, kamu! Murid baru?”
Nizam     : “I..iya! Saya murid baru.”
Indri       : “Kalo begitu ... boleh kenalan dong!”
Nizam     : “Bo..bo..boleh! Saya Nizam! Kamu?”
Indri       : “Oh, Nizam! Saya Indri dari kelas 9.3. Kalau kamu?”
Nizam     : “Sama dong.”
Indri       : “Masuk kelas sama-sama, yuk!”
Nizam     : “Ayo!”
Setibanya Nizam di kelas, semua mata tertuju padanya, kecuali satu, Lilis! Perempuan yang mengisi kekosongan hatinya.
Siska      : “Ahh! Keren banget tu cowok! Gue harus berhasil ngegaet dia,  titik!”
Dessy     : “Ouw, keren juga! Tapi menurut aku sih masih dibawah standar Desi gituh!”
Siska      : “Dibawah standar? Standar apa? Standar mobil, motor, atau sepeda?”
Dessy     : “Emangnya mobil ada standarnya?”
Siska      : “Oh, iya ya. Aku lupa. Hehe..”
Dessy     : “Dasar! Siska! Siska! Eh, tu cowok datang ama si cupu Indri cunguk!”
Lilis        : “Kalian berdua ngebahas apaan sih? Kok heboh banget?”
Dessy     : “Si murid baru itu, tuh!”
Siska      : “Si ganteng!”
Lilis        : “Oh, biasa aja ah!”
Siska      : “Woi! Samperin mereka yuk?
                 Woi, cupu! Lo bawa siapa?”
Indri       : “A..a..anak baru!”
Nizam     : “Hei, ngomong pikir dulu, namanya Indri, bukan cupu cunguk!”
Dessy & : “Uhh..!”
Lilis
Siska      : “Waktu marah, makin keliatan ganteng aja deh!
                 Ngomong-ngomong nama kamu siapa?”
Nizam     : “Aku Nizam, puas! (meninggalkan Siska)
                 Dahh! Ayo, ndri!”
Bel mulai pelajaran berdering. Para siswa-siswi masuk ke kelasnya masing-masing. Pelajaran pun berlalu hingga berbunyinya bel istirahat. Nizam hanya duduk-duduk sambil ngobrol dengan Indri, tetapi matanya selalu termagnet kepada perempuan istimewa, “LILIS”.
Nizam     : “Tadi pelajarannya cukup pusing, ya!”
Indri       : “Iya! Hehe..”
Lilis dan kawan-kawan berjalan didepan Nizam, dan nizam hanya memandang terpaku kepada Lilis.