Jumat, 19 Februari 2016

Seniman

Seniman, kata ini sering digunakan untuk menunjukkan seseorang yang kreatif, inovatif dan jago dalam bidang seni. Biasanya, para pelukis, para pembuat puisi, pembuat lagu, pembuat patung dan sejenisnya sering di labeli dengan ‘Seniman’. Tapi, tahukah anda, sebenarnya dari lahir kita adalah seorang seniman. Ya! Anda adalah seniman dari dulu!

Sejak kita dilahirkan di dunia ini, anda sudah terlahir menjadi seorang seniman. Percaya atau tidak, tapi coba ingat masa kecil anda, bagaimana? Masih ingatkah anda ketika anda berjuang gigih untuk belajar mengendarai sepeda? Ingat perjuangan anda dan bagaimana anda menemukan metode yang cocok agar anda bisa lancer mengendarai sepeda. Apakah anda ingat coretan-coretan anda ketika masih kecil? Gambar-gambar anda ketika masih kecil? Dengan kreatifnya anda berkreasi di secarik kertas atau di sebuah dinding. Dan masih banyak hal lagi yang membuktikan bahwa anda adalah seniman.

Oleh karena itu, anda memiliki berbagai seni dalam hidup anda. Apa saja?

PERTAMA. Seni membentuk masa depan.

Anda adalah tuan bagi diri anda. Artinya, anda yang mengatur masa depan anda. Anda yang menentukan 10 tahun lagi anda mau menjadi apa, 5 tahun lagi anda mau menjadi apa, seminggu lagi anda mau jadi apa, besok anda mau jadi apa, semenit lagi anda mau jadi apa. Anda yang menentukan itu semua, anda yang melukis masa depan anda. Anda yang mengkombinasikan warna-warna dalam hidup anda.

KEDUA. Seni menghadapi masalah.

Setiap orang PASTI pernah menghadapi masalah. Dan andalah yang menyelesaikan masalah anda sendiri, anda yang menentukan mau kapan masalah anda redam dan berapa lama masalah itu berlangsung. Anda adalah seniman dalam menyelesaikan masalah. Anda memiliki seni tersendiri untuk menyelesaikan suatu masalah.

KETIGA. Seni menjalani kehidupan dengan bahagia.

Setiap orang PASTI mau hidup dalam bahagia. Disinilah peranan anda sebagai seorang seniman. Anda memiliki seni untuk membuat kehidupan anda lebih bahagia. Anda memiliki kebebasan untuk mencoretkan warna-warna dalam hidup anda, anda punya kebebasan untuk membuat hidup anda lebih bewarna dan lebih bahagia. TAPI, anda perlu berhati-hati dalam mencoretkan warna anda, kadang tak semua warna berpadu bagus sehingga suatu lukisan berkurang nilai kecantikannya.

KEEMPAT. Seni membangun relasi.

Manusia adalah makhluk sosial. Oleh karena itu, penting untuk berkomunikasi dengan orang lain, penting untuk membangun relasi. Untuk memenuhi kebutuhan sosial, anda memiliki seni tersendiri dalam berkomunikasi dan membangun relasi. Setiap orang memiliki seni tersendiri dalam berhubungan dengan orang lain. Dan seni yang anda miliki akan membimbing anda untuk membangun relasi yang kuat dengan orang lain.

Pada akhirnya, dari lahir sampai akhir hayat anda, anda adalah seniman. Tugas anda adalah memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri anda. Tugas anda adalah memadukan warna-warna yang pas untuk hidup anda. Tugas anda adalah menjalani kehidupan dengan SENI ANDA SENDIRI. Anda tidak perlu mengikuti orang lain, sebab anda bukan cerminan orang lain, anda adalah cerminan anda. Seni yang anda miliki berbeda dengan orang lain.

Sumber: line@ @markazinspirasi

#RFA