Kamis, 08 September 2016

Sarana Utama Istiqamah Adalah Lingkungan dan Teman Yang Baik


Banyak sarananya yang bisa membuat istiqamah, seperti ilmu, amal shalih, membaca AlQuran agar melembutkan hati, berdzikir agar tenang. Akan tetapi yang lebih membuat istiqamah adalah lingkungan dan teman yang baik.
Apabila ingin istiqamah beragama, maka segeralah ber-hijrah baik secara perlahan ataupun langsung sesuai dengan kondisi. Hijrah lingkungan, dengan teman-teman dan lingkungan yang shalih juga sangat diperlukan.
Iman kita terkadang lemah dan biasanya masih mudah goyang dan tidak stabil, karena itu diperlukan teman-teman yang shalih dan baik. Sering-seringlah silaturahmi bersama ikhwan-akhwat yang shalih dan shalihah serta berkumpul bersama mereka. Allah Taala berfirman,
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar(jujur). (QS. At Taubah: 119)
Mengenai teman yang baik, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang sholih dan orang yang jelek adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk dan pandai besi. Jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal dapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau dapat baunya yang tidak enak. (HR. Bukhari no. 2101)
Perlu diperhatikan bahwa hati manusia lemah, apalagi jika sendiri. Perlu dukungan, saling menasehati antar sesama.
Oleh : Pusat Buku Sunnah