Sabtu, 23 November 2013

NOTE ABOUT TURKI


İni sedikit fakta dan informasi tentang turki. Sebagian ini hanyalah hasil observasi saya sendiri ya. Maka dari itu bilamana ada kesalahan informasi mohon sedianya memberikan koreksi J
·      Buat yang hobi belanja, hati-hati ya. Di awal musim biasanya mahal. Kalo di akhir musim, harga-harga baju itu bisa turun drastis. Dari yang awalnya 100TL bisa menjadi 50TL. So, be patient aja ya sob. Recommend sih mending belanja nya di akhir musim aja J
·      Turkish Airlines tidak seburuk opini-opini orang tuh. Makanannya enak banget, banyak lagi. Kenyaaaaang. Tapi emang bukan tradisi indonesia begete. Pilav yok ya (no rice). Pramugarinya? Baik kok, ramah. Especially, ke anak-anak bayi tuh (bebekler).
·      Orang turki ini sangat tertib ya. Sampe di eskalator pun, mereka sangat tertib. Biasanya yang berdiri di barisan paling kanan di eskalator itu buat yang diam. Dan yang kiri itu buat yang mendahului. Semua nya otomatis kayak gitu. Cool, isn’t it?
·      Balık ekmek = roti isi ikan. Subhanallah ya, ukurannya jumbo sekaleee. Kenyang deh, aku juga pertama kali makan itu gak abis, nyisa dikiiiiiit lagi. Sayang banget. Nah ini tuh, ikannya sangat anyir. Mungkin karena gak direndam dulu pakai air garam. Kita bisa nemuin yang kayak gini tuh di Istanbul banyaknya yang di sisi lautnya gitu. Di ankara juga ada, Cuma agak jarang.
·      Es krim (dondurma), mancap banget lah. Maknyosss.. Warna-warni ya, yang merah itu kiraz (ceri), aseeem banget, seger deh. Yang putih itu vanilla, ya itu udah biasa ya. Yang coklat, ya rasa coklat, itu juga udah biasa. Ada lagi yang warna kekuningan gitu, itu rasa lemon, lumayan asem. Tapi yang asemnya paling dewa itu ya yang ceri itu. Musti dicoba!!! Ada yang namanya maraş, nah itu tuh dondurma nya lengket banget, macam permen karet.
·      Senyum ke ibu-ibu (karena saya perempuan jadi senyumnya ke ibu-ibu) biasanya seudahnya kita dielus-elus, artinya beliau suka sama kita.
·      Lumayan lah ketika di Turki jadi artis dadakan, umbar senyum aja. Niscaya ada yang minta foto bareng. (senyumnya ke sesama gender ya).
·      Kebanyakan orang Turki menyangka kita ini (indonesians) adalah orang malaysia.
·      Sistem penomoran plat no kendaraan disini itu unik. Ex: 82 KQ 8320. Tapi aku gatau lebih pasti dan lebih detailnya tentang ini ya.
·      Tingkat keamanan disini itu insyaAllah mencapai 100%, kalaupun ketika di mall hp kita lowbatt ya. Terus di charge di tempat yang jauh dari kita, insyaAllah hp tetap utuh.
·      Disini itu kebanyakkanya apartman, karena yang mempunyai rumah itu dianggap orang kaya. Kalo di Indonesia kebalikannya ya, isn’t it?

Terima Kasih. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembacanya.
Kritik dan saran bisa dilampirkan J
Mohon maaf jika banyak kesalahan dalam penulisan, karena tujuan saya hanya ingin sharing pengalaman.